Sabtu, 08 Agustus 2015

Itinerary Backpacker Jogja - Karimunjawa 2015

Keuntungan Backpacker Jogja-Karimunjawa Banyaaakkkk....



Hi guys jumpa lagi sama saya, Nurin-chan.

     Karimunjawa, pulau elok bak zamrud kalo sesuai lagu jadul ato batu bacan mungkin, kalo skarang. Kamu tau Karimunjawa? Itu tuh.. pulau cantik di utara pulau jawa. Pantainya beeuuuhh…. Karangnya beeuuuuhh…. Mangrovenya beeeuuuhhh… Amaziiiiing ! Kalo kamu betul-betul pengin ngerasain yang namanya karimunjawa, mending kamu jadi backpacker dah. Gak ada salahnya jadi backpacker loh, selain ngirit duit, kamu bisa nyantai, bisa memanajemen waktu sesukamu, and yang jelas mau kemana-mana sesukamu.

Yang mau ekspres niih langsung saya kasih itin jogja - karimunjawa, yang mau tau lengkapnya roll kebawah ajeee... :D

     Dari jogja ke Semarang, tampak beberapa perbedaan yang mencolok terutama pada lebar jalan raya dan kemacetannya juga pada terminalnya. Terminal Terboyo (Semarang) memang sedikit kurang ramah untuk wisatawan. Lobang-lobang berair macem kolam, para calo yang ngejar-ngejar terus, dan yah begitulah. Tapi, kalo mau dapat murah, kamu kudu PD. Dah, jalan aja ‘n cari sendiri bus yang bertuliskan Jepara (bus kecil, 2 pintu). Hehehe… karena kemarin masih dalam masa lebaran, harga bus naik 2 kali lipat. Biasanya @15rb dapet eh saya kena 25rb, ga papa… ikhlas. Kalo kamu punya temen di Jepara, lebih asyik loh... pas di Jeparanya kamu bisa muter2 gratis, dapat makan juga gratis. heheee... Makanan khas Jepara tuu Pindang Serani namanya, nyummy macem Ikan kuah kuning kalo di Papua.
Harga Homestay Kota Baru
     Well, hari pertama memang kami khususkan buat perjalanan dan menghabiskan waktu di Kota ukir Jepara. kenapa? karena jadwal keberangkatan kapal ke karimunjawa (Siginjai dulu namanya Pm. Muria) cman ada 3 kali dalam seminggu. Tapi ada juga sih kapal Express namanya, tiap hari ada keberangkatan, harganya 2-3 kali lebih mahal. Kami memilih menginap di homestay kota baru karena deket banget sama pelabuhannya. Secara gituuh, kami musti bangun subuh-subuh buat antri tiket kapal. Kalo dah dapet tiket, kamu harus segera masuk kapal ya.... biar bisa segera milih tempat duduk. Saran saya mending kamu sewa tikar trus tiduran aja cz gelombangnya seringkali tak bersahabat buat para pemula.

     Sesampainya di Pelabuhan Karimunjawa, kami menyewa Betor (becak motor) buat nganterin kami ke pelabuhan tour. Karena kami bertiga, 2 orang dan barang-barang ada di becaknya. Trus satu orang (kebetulan : saya) ngebonceng motor si bapak becak. Wkwkwkkk.. kalo betornya mao nikung yaaa, rasanyaaaa…. Weerrr serasa mao ngejengkang, ngegeledak, duuuhh… kocak abis daah… (kamu harus nyoba sensasinya). Di pelabuhan tour, kami sudah ditunggu oleh kapal wisma apung milik bu nurul (yg sehari sebelumnya sudah kami boking buat nginep disana). Tau gak apa itu Wisma apung?

Wisma Apung
Depan Kamar Wisma Apung
Kamar Wisma Apung
     Wisma apung tuh ya… rumah-rumahan ditengah laut yang didirikan diatas karang-karang laut (serasa ngapung gitu kalo diliat dari darat). Beruntungnya, kami dapet kamar yang langsung ngadep ke laut lepas. Eksotisss sekaleee... Ga kerasa sorepun tiba, ga boleh disia-siakan dong buat males-malesan di wisma, akhirnya kami menjelajah pulau Menjangan Besar, pulau yang deket ama wisma kami (meskipun demikian harus pake kapal juga kesana). Sebenarnya mencapai pulau itu bisa juga sih berenang, tapi hehehe… para bulu babi raksasa diantara para karang sudah sangat siap untuk berbagi duri-duri beracunnya. Mending kalo renang pagi-pagi aja di belakang wisma radius 100 meter aman tanpa ada bulu babi. tapi tetep jangan lupa bawa kacamata renang biar kelihatan dasar lautnya. 
Sunset Di Pulau Menjangan Besar
Wisma Apung Dari Kapal
Pulau Karimunjawa
     Hari ketiga, kami menjelajah Pulau Karimunjawa. Setelah cek out dari wisma apung kami langsung rental motor dekat pelabuhan tour dan segera ke homestay Salami (Pak Anto) tapi karena penuh, kami ditaroh di homestay Firzah (milik adiknya bu Anto). Setelah beberes, kami langsung cao ke destinasi-destinasi eksotiss di pulau Karimunjawa. Oh ya, kalo kamu pas mandi kok ada bau-bau semacem kentut jangan kuatir, itu bau air payau. Jadi, jangan salahin temen kamu yee.. haha..
Kamar di Homestay Firzah
Homestay Firzah (Belakang Kantor Pos Karimunjawa)

 Tracking Mangrove
Gardu Pandang
Tracking Mangrove
Tracking Mangrove itu semacam hutan mangrove di Bali. Ada jalanan dari kayu-kayu yang membelah hutan mangrove ituu... Iiiihh,, Bagus bangeet loh. Sepi, sejuk, hmmm.... buat piknik enak nian kalii... Panjang jalan sekitar 1,3 km dan itu memutar ke titik awal. Di ujung jalan ada gardu pandang yang tinggi menjulang, dimana kamu bisa memandang luasnya hutan mangrove yang sudah kamu track tadi. Tidur-tidur dolo disana boleee loh....
Pantai Barracuda (Kohin)
Pantai Barracuda
Menurut warga lokal, pantai ini adalah pantai pribadi. Pemiliknya itu orang Sleman-Jogja (hehe.. saya juga anak Sleman). Di Pantai ini banyak batu-batu berukuran raksasa teronggok tak bergeming dihempas sang ombak. Ada juga tempat penangkaran penyu yang ditinggalkan.. duh, kasian. Pemandangannya sebelas duabelas dah sama Tanjung Aan di Lombok. Disini juga ada beberapa resort mewah, yah.. namanya aja pantai pribadi yaa.... Kebanyakan yang kesini tuh warga asing (alias Bule), Oke… kami anak backpacker mlipir ajeee…
Bukit Joko Tuwo
Sore hari paling nikmat tuh ngelihat sunset dari sudut yang tinggi. Bukit Joko Tuwo salah satu destinasi sunset hunter yang bagus. Tempatnya tinggi dan sedikit terbuka. ada beberapa gazebo untuk nongkrong-nongkrong, ada juga tasbeh raksasa yang terbuat dari batu dan akar tanaman. Tak ketinggalan ada fosil ikan raksasa disana (sebelumnya saya kira kerangka paus, hihihi). Untuk naik kebukit joko Tuwo bisa menggunakan kendaraan, dan sedikit jalan kaki untuk mendaki kira-kira 40 tangga. Setelah mencapai atas... wuuuh... berasa jadi empunya karimunjawa karena melihat kota karimun kecil dibawah dan matahari senja diufuk barat. Epic binggo ya.. haha
Fosil Ikan Raksasa
Tasbih Raksasa

Tangga Menuju Puncak Bukit Joko Tuwo
Berasa Jadi Empunya Karimunjawa hehe...
 Alun-Alun Karimunjawa
Malam hari tiba, perut sudah bernyayi dan muka semacam zombie. Well, saatnya hunting makanan di Alun-alun Karimunjawa. Sekedar info, Alun-alun ini semacam pasar malem kecil (kecil banget malah) dan hanya ada di malam hari. Kalo siang cman ada lapangan sepakbola kosong. Makanan recomended tuh cumi crispi (enak bangeeet semacam makan ayam goyeng). Tapi emang rada mahal. Kalo mau murah dan ngirit makan mie telor aja ato beli pop mie, trus seduh deh pake air panas. Haha… 

Pasar Tradisional Karimunjawa
Pagi-pagi lapar? hunting makanan aja di Pasar ini. Pasar ini menyediakan makanan-makanan ringan sampe berat. Ada arem-arem, tahu goreng, bubur, lotek, nasi juga ada. Pasar ini berada di jalan arah Bukit Joko Tuwo, tapi kalo kesiangan ya abis juga sih. Jam 6 harusnya kamu dah disana hunting makanan biar ga kehabisan.

Snorkeling Karimunjawa
Nemo dan Rumahnya
Kami memilih mengikuti paket snorkeling dari Bu Anto, harganya lumayan murah dan tourguidenya juga ramah-ramah buangeeett... Sekitar jam 9 kami berangkat snorkeling dengan 10 orang yang lain. Alhamdulillah lagi2 kami dapat kenyamanan. 13 orang dalam satu kapal itu lumayan sedikit jadiiii... kamu tau artinya? jadi bisa punya potret underwater banyak deh (nah ini salah satu keuntungan backpacker). Ada loh, yang satu kapal isinya 30 orang... wuuuh... kaga ngerti lagi dah.. gantian poto-potonya lamoseee... Buat yang ga bisa berenang ga usah risau. Nanti ada bantuan dari para guardian biar potomu dalam air bagus. Macem salah satu temen saya, blas ga bisa berenang, tapi akhirnya bisa nyelem juga (tapi bukan tenggelam yoo). Hahaha…. 
Nunggu Waktu Makan
di Pulau Cemara Kecil
     Spot nyelem ada 2. Diatara 2 kali snorkeling ada waktu buat makan. Makan siang dah gratis pake ikan ga usah malu-malu kan kamu bayar. Trus tempat pemberhentian terakhir adalah penangkaran hiu (deket menjangan besar dan mantan homestay kami “wisma apung”) hahaa.. disitu kami ga turun…. Ha wes pernah, dari pada bayar 25rb, mending ngaso2 di kapal.

     Well, that's the last. Malamnya seperti biasa kami makan di alun-alun, trus kebetulan kami ditawarin beli tiket kapal dahulu. Kalo beli antri 59rb kalo pake jasa 65rb. Kami pilih yang pake jasa biar gampang besok pagi berangkatnya. Oh ya, meski kamu dah punya tiket, kamu harus bangun awal juga… rebutan tempat tidur… Hehehe…. Nb : kalo naek kapal mending kamu ngegelongsor di lantai, nyewa tiker trus minum "antimo" biar tidur 4 jam full, haha...

3 komentar:

  1. Ayoo...temen-temen...diVOTE...yaaaa...trims...salam wisaTAA....!!!


    http://writing-contest.bisnis.com/artikel/read/20150825/405/465577/fakta-fakta-unik-wisata-karimunjawa

    BalasHapus
  2. Halo ka bisa minta contact person bu anto kah?untuk snorkelingnya kena brp ya ka per orang? Kebetulan saya cuma bertiga

    BalasHapus
  3. kakk boleh minta contact kakak? mau tanya2

    BalasHapus